LOGO ATAS 2

Website Resmi Pengadilan Agama Ternate

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ternate. Anda Memasuki Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Website Resmi Pengadilan Agama Ternate

Zona Integritas Pengadilan Agama Ternate

Selamat datang di ZONA INTEGRITAS Pengadilan Agama Ternate Kelas 1A. Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Dapatkan pelayanan prima, Anti Korupsi, Suap dan Gratifikasi
Zona Integritas Pengadilan Agama Ternate

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Ternate
11 Aplikasi Inovasi Badilag

SP4N LAPOR

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) adalah Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional menggunakan aplikasi LAPOR! layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap Penyelenggara pelayanan publik
SP4N LAPOR

Jaminan Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian

Jaminan Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian

Program Prioritas Ditjen Badilag MA RI 2022

Program Prioritas Ditjen Badilag Tahun 2022 sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Nomor : 0015/DjA/OT.01.1/1/2022, tanggal 4 Januari 2022
Program Prioritas Ditjen Badilag MA RI 2022

on . Hits: 58

KETUA PA TERNATE BERI KULIAH UMUM DAN TANDATANGANI MoU DENGAN DEKAN FAK. SYARIAH IAIN TERNATE

 

Ketua Pengadilan Agama Ternate, Drs. Djabir Sasole, M.H. bersama Dekan Fakultas Syariah IAIN Ternate Rabu, 20 April 2022 bertempat di Auditorium IAIN Ternate tentang Pengembangan Kelembagaan, Penelitian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia, yang disaksikan oleh Rektor IAIN Ternate, Dr. Radjiman Ismail, M.Pd dan dihadiri oleh civitas akademika fakultas syariah serta mahasiswa.

Nota Kesepahaman tersebut dimaksudkan untuk menjalin kerjasama antara Fakultas Syariah IAIN Ternate dan Pengadilan Agama Ternate dalam program pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang bertujuan untuk meningkatkan mutu luaran Fakultas Syariah.

Menurut Dekan Fakultas Syariah, Dr. Jibair Situmorang, M.Ag. Program ini sesungguhnya sudah berjalan beberapa tahun belakangan ini namun belum dalam bentuk Nota Kesepahaman, sehingga hari ini dikuatkan dengan MoU agar lebih terukur. “Setiap tahun, Fakultas Syariah meminta dari Pengadilan Agama Ternate untuk memberikan materi kepada mahasiswa untuk persiapan magang, dan setiap tahun pula mahasiswa kami turun magang di Pengadilan Agama Ternate”, lanjut putra Sumatra Utara ini.

Sementara itu, Rektor IAIN dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaaan Pengadilan Agama memberikan masukan dalam rangka pembobotan kualitas mahasiswa Fakultas Syariah khususnya dan sebagai salah satu dukungan untuk rencana kenaikan status dari Institute kepada Univesitas.

Kegiatan MoU ini juga dirangkaikan dengan kuliah umum kepada mahasiswa dan Civitas Akademika Fakultas Syariah yang diberikan oleh Ketua Pengadilan Agama  Ternate.

Dalam kuliah umum yang diberi thema “Menimbang Peluang dan tantangan Alumni Fakultas Syariah di tengah Kompetensi Penegakan Hukum” tersebut, Ketua Pengadilan Agama Ternate menggambarkan bagaimana tantangan dan peluang yang dihadapi oleh alumni Fakultas Syariah, terutama yang terkait dengan penegakan hukum.

“Alumni Fakultas Syariah punya banyak peluang untuk berkiprah di dunia penegakan hukum. Selain menjadi Hakim, banyak lagi peluang, misalnya di dunia Advokasi / Konsultan Hukum, Mediasi, Akuntansi, Notariatan, Praktisi perbankan dll, namun peluang tersebut bukan tidak memiliki tantangan. Karena itu alumni dan almamater harus bisa siap dan menyiapkan diri untuk meraih peluang - peluang tersebut. Apalagi gelar kesarjanaan Fakultas Syariah sekarang adalah S.H (Sarjana Hukum)” tegasnya.

Di akhir kesempatan kuliah umumnya, Ketua PA Ternate berharap agar Lembaga Bantuan Hukum  ( LBH ) Fakultas Syariah dapat memaksimalkan lembaga advokasi ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu, baik dalam hal konsultasi, advokasi maupun pendampingan dalam urusan hukum, baik litigasi maupun non litigasi.

Acara ditutup dengan pemberian cendera mata oleh Rektor IAIN dan Dekan Fakultas Syariah kepada Ketua Pengadilan Agama Ternate. (tim IT PaTte).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ternate

Jl. Tugu Makugawene, Kelurahan Kayumerah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3124945, Fax. 0921-3122980

Email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram :

pa_ternate

Facebook : 

Pengadilan Agama Ternate

Tim IT Pengadilan Agama Ternate © 2022