LOGO ATAS 2

Website Resmi Pengadilan Agama Ternate

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Ternate. Anda Memasuki Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Website Resmi Pengadilan Agama Ternate

Zona Integritas Pengadilan Agama Ternate

Selamat datang di ZONA INTEGRITAS Pengadilan Agama Ternate Kelas 1A. Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Dapatkan pelayanan prima, Anti Korupsi, Suap dan Gratifikasi
Zona Integritas Pengadilan Agama Ternate

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

11 Aplikasi Inovasi Badilag

Dalam rangka menunjang fasilitas pelayanan untuk para pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama mengeluarkan 11 Aplikasi Inovasi. Implementasi dari 11 aplikasi tersebut telah diterapkan oleh Pengadilan Agama Ternate
11 Aplikasi Inovasi Badilag

SP4N LAPOR

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) adalah Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional menggunakan aplikasi LAPOR! layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap Penyelenggara pelayanan publik
SP4N LAPOR

Jaminan Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian

Jaminan Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Pasca Perceraian

Program Prioritas Ditjen Badilag MA RI 2022

Program Prioritas Ditjen Badilag Tahun 2022 sesuai dengan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Nomor : 0015/DjA/OT.01.1/1/2022, tanggal 4 Januari 2022
Program Prioritas Ditjen Badilag MA RI 2022

on . Hits: 57

KUNJUNGAN KERJA KETUA PTA. MALUKU UTARA PADA PA. TERNATE KELAS IA

 

Ternate, Jum’at 4 Maret 2022. YM. Ketua PTA. Maluku Utara “Dr. Abd. Hakim, M.H.I. didampingi Isteri dan Sekretaris PTA. Maluku Utara “Abdul Rifai, S.H.I.”, melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Ternate Kelas IA. Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan kerja perdana YM. Ketua PTA. Maluku Utara sejak pertama dilantik sebagai Ketua PTA. Maluku Utara.

 Sekitar pukul 09.00 WIT YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama rombongan tiba di kantor  Pengadilan Agama Ternate Kelas IA dan sambut hangat oleh pimpinan, hakim Panitera dan Sekretaris PA. Ternate Kelas IA. Seketika itu YM. Ketua PTA. Maluku Utara langsung memeriksa ruang Media Center dan ruang kerja kepaniteraan serta menyapa para pejabat kepaniteraan yang sedang bertugas.

 Setelah dari ruang kepaniteaan YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama rombongan diarahkan menuju ke ruang Ketua PA. Ternate Kelas IA. yang pada saat itu pimpinan dan hakim PA. Ternate Kelas IA telah berada ditempat. Dalam kesempatan tersebut YM. Ketua PTA. Maluku Utara membahas berbagai hal terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi pengadilan agama sambil menikmati kudapan manis khas Ternate;

 Pada pukul 10.00 WIT YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama Sekretaris PTA. Maluku Utara meninggalkan ruang Ketua PA. Ternate Kelas IA dan menuju ke ruang Media Center PA. Ternate Kelas IA untuk mengikuti Kegiatan “Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Peradilan Agama secara virtual” berdasarkan surat Dirjen Badan Peradilan Agama MARI Nomor 1180/DJA/HM.00/2/2022 tanggal 25 Februari 2022 perihal Undangan.

22

Pada kesempatan itu YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama Sekretaris PTA. Maluku Utara didampingi oleh hakim, Panitera, Sekretaris, para Panmud dan para Kasubag PA. Ternate Kelas IA. Sementara itu Ketua, Wakil Ketua dan salah seorang hakim PA. Ternate Kelas IA. sedang melaksanakan persidangan;

 Pada pukul 12.30 WIT YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama Sekretaris PTA. Maluku Utara, hakim dan Sekretaris PA. Ternate Kelas IA meninggalkan ruang media Center PA. Ternate Kelas IA menuju Masjid “Al-Amin” Kel. Kayu Merah Ternate untuk melaksanakan ibadah sholat Jum’at. Sesuai sholat Jum’at YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama Sekretaris PTA. Maluku Utara, pimpinan, hakim, panitera dan Sekretaris PA. Ternate Kelas IA melaksanakan makan siang bersama di Rumah Makan Tanah Wangko Ternate.

 Seusai ISHOMA, pada pukul 14.00 WIT YM. Ketua PTA. Maluku Utara bersama Sekretaris PTA. Maluku Utara memberikan pembinaan kepada seluruh aparatur PA. Ternate Kelas IA. Sesi pembinaan tersebut diawali dengan laporan YM. Ketua PA. Ternate Kelas IA “Drs. Djabir Sasole, M.H.”. yang dalam kesempatan tersebut YM. Ketua PA. Ternate Kelas IA. memaparkan komposisi SDM PA. Ternate dan komposisi penanganan perkara PA. Ternate yang ditangani hingga saat ini secara detail serta memaparkan beberapa hal yang menjadi harapan dan tantangan yang dihadapi PA. Ternate Kelas IA.

33

Setelah laporan oleh YM. Ketua PA. Ternate Kelas IA. Selanjutnya pembinaan oleh PTA. Maluku Utara yang pada kesempatan pertama disampaikan oleh Sekretaris PTA. Maluku Utara. Dalam kesempatan tersebut Sekretaris PTA. Maluku Utara terlebih dahulu mengucapkan selamat kepada PA. Ternate Kelas IA yang telah berhasil meraih A bintang 3 (tiga) pada penilaian APM Ditjen Badilag tahun 2021. Selanjutnya berharap agar PA. Ternate Kelas IA sedini mungkin mempersiapkan diri untuk diusulkan pada tahap berikutnya untuk meraih WBK. 

Lebih lanjut Sekretaris PTA. Maluku Utara memaparkan bahwa dalam rangka pelaksanaan pembangunan Zona Integritas agar mempedomani regulasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas serta segera mengimplementasikan program perioritas Badilag diantaranya Implementasi Aplikasi Access CCTV Online (ACO) yang akan dilaunching oleh YM. Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 13 Maret 2022. Selain dari itu beliau memaparkan tentang tusi kesekretariatan pada pengadilan agama berdasarkan Perma Nomor 7 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan.

Setelah pembinaan Sekretaris PTA. Maluku Utara, dilanjutkan dengan arahan dan pembinaan oleh YM. Ketua PTA. Maluku Utara. Sebelum arahan dan pembinaan oleh YM. Ketua PTA. Maluku Utara diawali dengan yel-yel untuk menyemangati yang dipimpian oleh Aulia Br. Mangunsong, S.H., Panitera Pengganti PA. Ternate  Kelas IA. 

44

Dalam pemaparannya YM. Ketua PTA. Maluku Utara menekannya beberapa hal penting diantaranya kedudukan strategis PA. Ternate Kelas IA sebagai pintu gerbang PTA. Maluku Utara. Pentingnya menjaga kekompakan serta senantiasa meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya selaku aparatur pengadilan agama. Bekerja dengan sebaik-baiknya, kreatif dan inovatif dengan niat amal sholeh. Dan untuk mencapai hal-hal  tersebut harus dimulai dengan perubahan mindset.

 Terkait dengan pembangunan zona integritas YM. Ketua PTA. Maluku Utara menekankan perlunya melakukan evaluasi sebab-sebab ketidakberhasilan dalam mencapai WBK dengan harapan PA. Ternate Kelas IA bisa sukses meraih WBK pada tahun ini. Lebih lanjut YM. Ketua PTA. Maluku Utara menjelaskan bahwa terkait dengan implementasi hukum acara dan hukum material pada pengadian agama agar memperhatikan kearifan lokal.

Acara pembinaan dilaksanakan dengan memperhatikan protocol kesehatan yang ketat dan ditutup pada pukul 17.00 WIT.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Ternate

Jl. Tugu Makugawene, Kelurahan Kayumerah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara

Tlp. 0921-3124945, Fax. 0921-3122980

Email : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Instagram :

pa_ternate

Facebook : 

Pengadilan Agama Ternate

Tim IT Pengadilan Agama Ternate © 2022